Kontak BKD: (0253) 202115 -  Email: bkd@pandeglangkab.go.id

  • Pembinaan Pegawai
  • Pembinaan Pegawai
  • Pembinaan Pegawai
  • Pembinaan Pegawai
  • Pembinaan Pegawai
  • Pembinaan Pegawai
  • Pembinaan Pegawai
  • Pembinaan Pegawai
  • Pembinaan Pegawai
  1. GAMBARAN UMUM
  2. VISI DAN MISI
  3. KEDUDUKAN & TUPOKSI
  4. STRUKTUR ORGANISASI
  5. TUJUAN & SASARAN
  6. STRATEGI & KEBIJAKAN

Peraturan dan perundangan di era desentralisasi memperlihatkan komitmen politik pemerintah untuk menata kembali dan meningkatkan sistem, mekanisme, prosedur dan kualitas proses perencanaan dan penganggaran daerah. Ini dilakukan dengan tujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan daerah yang lebih baik, demokratis, dan pembangunan daerah berkelanjutan. Dalam peraturan dan perundangan baru penyusunan rencana dikehendaki memadukan pendekatan teknokratis, demokratis, partisipatif, politis, bottom-up dan top down process. Ini bermakna bahwa perencanaan daerah selain diharapkan memenuhi kaidah penyusunan rencana yang sistematis, terpadu, transparan dan akuntabel; konsisten dengan rencana lainnya yang relevan; juga kepemilikan rencana (sense of ownership) menjadi aspek yang perlu diperhatikan. Keterlibatan stakeholder dan legislatif dalam proses pengambilan keputusan perencanaan menjadi sangat penting untuk memastikan rencana yang disusun mendapatkan dukungan optimal bagi implementasinya.

Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah disebutkan bahwa ruang lingkup perencanaan pembangunan daerah meliputi tahapan, tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah terdiri atas RPJPD, RPJMD, Renstra SKPD, RKPD, dan Renja SKPD.

VISI :

Terwujudnya Manajemen Aparatur Sipil Negara Profesional, Berintegritas dan Melayani 2020

 

MISI :

Misi Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Pandeglang untuk periode tahun 2016-2021 dipilih dan ditetapkan sebagai berikut:

  1. Meningkatkan profesionalisme Aparatur Sipil Negara;
  2. Mewujudkan pelayanan prima terhadap aparatur;
  3. Meningkatkan Sistem Data Statistik Daerah.

 

KEDUDUKAN :

Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) adalah unsur pendukung tugas Kepala Daerah, dipimpin oleh Kepala Badan yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

 

TUGAS POKOK :

Badan Kepegawaian dan Diklat mempunyai tugas melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang kepegawaian, pendidikan dan pelatihan.

 

FUNGSI :

Badan Kepegawaian dan Diklat dalam melaksanakan tugasnya menyelenggarakan fungsi:

  1. Penyusunan perencanaan bidang kepegawaian, pendidikan dan pelatihan;
  2. Perumusan kebijakan teknis bidang kepegawaian, pendidikan dan pelatihan;
  3. Pengkoordinasian pemberian dukungan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah di bidang kepegawaian, pendidikan dan pelatihan;
  4. Pembinaan, pengendalian dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan bidang administrasi umum kepegawaian, pengembangan dan pendayagunaan aparatur, pendidikan dan pelatihan aparatur, pembinaan disiplin dan kesejahteraan pegawai;
  5. Pelaksanaan kegiatan penatausahaan Badan Kepegawaian dan Diklat;
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

TUJUAN

Tujuan  strategis  merupakan  kondisi  yang  akan  dicapai  atau  dihasilkan  untuk kurun waktu selama lima tahun sesuai masa strategis yang direncanakan. Tujuan strategis Badan  Kepegawaian  Daerah  disusun  berdasarkan  hasil  identifikasi  faktor  lingkungan strategis,  yang  harus ditangani dan  dihadapi dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi Badan Kepegawaian dan Diklat. Dengan mendasarkan diri pada Misi Badan Kepegawaian dan Diklat,  sebagai  tujuan  jangka  menengah  yang  ditetapkan  dan  akan diusahakan pencapaiannya adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kualitas dan profesionalisme sumber daya aparatur;
  2. Meningkatkan kemampuan pelayanan manajemen kepegawaian;

Menguatkan kapasitas kelembagaan, jaringan dan budaya inovasi.

 

SASARAN

Tujuan tersebut agar dapat dicapai secara terarah, maka masing-masing tujuan harus ada kejelasan sasaran strategisnya yang akan dituju yang berkaitan dengan bidang tugas  dan  fungsi  Badan  Kepegawaian  Daerah. Sasaran  strategis merupakan hasil yang akan dicapai secara lebih nyata dalam rumusan yang lebih spesipik, terukur dan telah dirancang indikator sasarannya. Dalam usaha mencapai tujuan strategis tersebut,  maka  ditetapkan  dan  dipilih  sasaran  strategis  jangka  menengah  Badan Kepegawaian dan Diklat sebagai berikut :

  1. Terlaksananya pendidikan dan pelatihan bagi aparatur;
  2. Meningkatnya kompetensi dan integritas sumber daya aparatur;
  3. Menguatkan kelembagaan kelitbangan dan daya dukung inovasi.

STRATEGI

Strategi merupakan cara yang dipilih dan terkonsep untuk mencapai tujuan dan sasaran strategis  yang  dijabarkan  ke dalam  kebijakan-kebijakan  untuk menjalankan berbagai program sesuai tugas dan fungsi satuan unit kerja. Strategi Badan Kepegawaian dan Diklat untuk menjalankan tugas dan fungsinya untuk mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran strategis Badan Kepegawaian dan Diklat adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kapasitas sumber daya aparatur pemerintah daerah;
  2. Melaksanakan pembinaan dan pengembangan terhadap aparatur;
  3. Mengembangkan Data/Informasi Statistik Daerah.

 

KEBIJAKAN

Kebijakan pada dasarnya merupakan ketentuan yang ditetapkan  oleh  yang berwenang  untuk  dijadikan  pedoman,  pegangan  atau  petunjuk  dalam pengembangan ataupun pelaksanaan berbagai program dan kegiatan, guna memperlancar dan keterpaduan pencapaian dan perwujudan sasaran,  tujuan, misi dan visi satuan unit kerja pemerintah.

Kebijakan  harus  disusun  dengan  didasarkan  atas  faktor   lingkungan   strategis  yang melingkupinya,  untuk  dapat  ditemukan  pilihan-pilihan  strategis  dan  faktor-faktor  kunci keberhasilannya  (key  success  factors). Kebijakan strategis Badan Kepegawaian dan Diklat dalam  mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran strategisnya adalah sebagai berikut :

  1. Peningkatan kualitas dan kapasitas aparatur pemerintah;
  2. Peningkatan kepuasan terhadap pelayanan aparatur;
  3. Penguatan pengelolaan sistem informasi statistik.
REKAP DATA PEGAWAI PER SKPD SE-KABUPATEN PANDEGLANG